Sunday 17 March 2013

My Job As An Auditor


Oke, I'm Auditor Now..!! Akhinya saya lulus juga dari Program Profesi Akuntansi Universitas Gadjah Mada dan menjadi auditor sekarang..!!

Setelah beberapa bulan sejak kejadian hari itu, akhirnya saya memutuskan untuk mendaftar Kantor Akuntan Publik... Ada beberapa Kantor Akuntan Publik yang saya daftar, antara lain Ernst & Young, RSM AAJ, dan Crowe Horwath International... Sayang sekali tidak ada panggilan dari Ernst & Young mengingat itu adalah cita-cita saya... Pada saat itu saya tidak tahu jika Ernst & Young lagi freeze untuk Open Recruitment... It means Ernst & Young tercoret dari daftar Kantor Akuntan Publik yang saya pilih... Jadi pilihanya sekarang hanya ada dua, RSM AAJ atau Crowe Horwath International... Oke fine jika diharuskan memilih, saya lebih memilih RSM AAJ jika dibandingkan dengan Crowe Horwath International... Walaupun pada akhirnya saya bekerja di Crowe Horwath International...

Jadi begini cerita awalnya kenapa saya bisa masuk ke Crowe Horwath International... Ceritanya agak konyol sih dan labil... Sepertinya itu juga yang akan menjadi alasan kenapa saya keluar dari sana... Pada hari pertama test, saya agak shock melihat soal-soal yang susahnya minta ampun... Dan kalau bisa, saya pengen keluar pada saat itu juga... wkwkwk... Menurut saya, soal itu jauh lebih susah jika dibandingkan test di big four... hahahaa...

Nah, akhirnya selesai juga tuh test tertulis... Saya pikir udah selesai, eh ternyata langsung interview user pada hari itu juga... Saya sama sekali ga ngerti tuh, saya ga bisa jawab apa-apa... Terlebih lagi yang menginterview Mbak Emil... Mukanya judes sekali, ga bisa ketawa... hahahaa... Alhasil saya pulang dengan perasaan pasrah... Yaudah deh ga keterima juga ga pa pa, toh juga saya bakalan keterima di RSM AAJ...

Sesampainya di rumah, saya langsung berkemas-kemas untuk pulang ke Semarang... Eh ternyata hari berikutnya saya di telepon untuk interview partner, saya sudah pasrah aja ga mood untuk bekerja di sana... Apalagi mempunyai atasan mbak Emil... Wuih kayaknya enggak banget de punya atasan ga bisa ketawa... hahahaa... Tapi menurut saya, Mbak Emil memiliki pribadi yang baik... Atau sebaiknya Ibu Emil ya saya memanggilnya?? wkwkwk... Sayang sekali ibu manager yang satu ini seringkali diintimidasi oleh bawahanya... Saya sedikit prihatin... Singkat punya cerita, akhirnya saya ketemu sama partner... Saya shock ternyata partner saya ini Chinesse, mengingatkan saya pada seseorang di luar sana... Alhasil saya langsung semangat dan berhasil menjawab semua pertanyaan dari partner... Dan akhirnya saya bekerja di sana... I'm auditor at Crowe Horwath International...

Jadi begitulah ceritanya kenapa saya bisa bekerja di Crowe Horwath International... Dan berhubung saya sudah baikan dengan Jeane, saya memutuskan untuk keluar dari Crowe Horwath International... Mengingat sejak awal niat saya masuk sana sudah tidak baik... hahahaa... Lebih cepat lebih baik... wkwkwk... Toh kontrak saya di sana juga sudah habis, selama enam bulan... Sesuai dengan perjanjian saya dengan Cik Meilyn... Saya berharap Cik Meilyn tidak ingkar janji... Karena jika secara De Facto, kontrak saya baru berakhir selama satu tahun... hehehee...

24 comments:

  1. malam mas,, waktu di interview pakai bahasa inggris atau indonesia ya ??
    soal testnya kebanyakan tentang apa ya ??
    mohon inponya mas soalnya saya besok tes di CH

    ReplyDelete
  2. Pada saat itu saya interview menggunakan Bahasa Indonesia, tapi tidak menutup kemungkinan menggunakan Bahasa Inggris tergantung dari Partner masing-masing... Soal tesnya standar seputar akuntansi keuangan dan audit... Kurang lebih yang harus diketahui adalah bagaimana melakukan proses audit dan membuat laporan keuangan yang termasuk didalamnya adalah Jurnal, Neraca, Laba/Rugi, dan Laporan Perubahan Modal... Terimakasih...

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Soalnya essay, itung-itungan. Gimana hasilnya? Lolos? Hehee...

      Delete
  4. mas mau tanya email untuk melamar rsm aaj apa ya? thanks ya..

    ReplyDelete
  5. halo mas. boleh tau email ke crowe horwart untuk psosisi auditnya? thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk ke WEBnya aja bro, atau datang ke kantornya langsung agar cepat di proses...

      Delete
  6. maaf mas beny, mau tanya nih. saya kan ada panggilan untuk tes tertulis di CH, itu tes nya apa aja ya mas waktu itu? soalnya bahasa inggris full mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya pakai Bahasa Indonesia kok, Gimana kemarin hasilnya? Lolos atau udah pindah KAP? Hehee...

      Delete
  7. maaf mas beny, mau tanya nih. saya kan ada panggilan untuk tes tertulis di CH, itu tes nya apa aja ya mas waktu itu? soalnya bahasa inggris full mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mba tessa, mau tanya nih gimana kemarin proses tes dan interviewnya, boleh minta pengalamannya kah? Terimakasih sebelumnyaa

      Delete
    2. Boleh di share nih pengalamanya... Mari berbagi cerita...

      Delete
  8. Rabu besok saya tes di CH mas

    ReplyDelete
  9. Halo mas beny selamat malam. Saya mau nanya dong kalo untuk test di ch yg harus ditekankan tentang materi apa yah? Audit,akuntansi atau pajak yah? Soalnya saya nanti ada test di ch. Terimakasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau nanya dong gimana hasil testnya? susah ga ya? terima kasih

      Delete
    2. mas hunter, gmn test nya??? sudah test kah?? Crowe kokas bukan??? saya tgl 7 oct test... ngeri :(

      Delete
    3. Gan mau tanya gmn tips nya biar kepanggil written tes? Ane udah apply di berberapa kap hasilnya masih nihil. Belum ada written test

      Delete
    4. Mas/mba bst, gmn tesnya kmrn? Boleh dishare ga apa aja yg perlu dipelajari untuk tes tulisnya? Saya tanggal 14 dipanggil tes di crowe kokas takut :(

      Delete
    5. Kak bst. Daftar nya lewat mana ane. Daftar di karirpad rgl 25 septermber sampe skrng blom ad kabar

      Delete
  10. Mas/mba, jika bahasa inggris pasive ada kemungkinan kah bisa kerja di KAP big 10?

    ReplyDelete
  11. Pak pernah partner interview di RSM ga, bagi tips and trik nya pak soalnya saya ada partner interview

    ReplyDelete